6.8.07

Senandung Al-Quran Menggema di Bumi Sriwijaya (Edisi Special MTQ Mahasiswa X)



Selama satu Minggu di mulai tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus gema suara indah Al-Quran menggema di seantero Palembang. Ada apa gerangan? Ya, apalagi kalau bukan karena di sana tengah dilangsungkan perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional X. Setelah tahun lalu MTQ Mahasiswa di gelar di Pontianak, tahun ini ganti Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang, Sumatera Selatan yang didaulat sebagai tuan rumahnya.

Diikuti oleh wakil dari 107 perguruan tinggi baik negeri dan swasta se-Indonesia dan sekitar 800 peserta dari pelbagai cabang lomba menjadikan MTQ Mahasiswa Nasioanal X ini merupakan yang terbesar dibandingkan pelaksanaan MTQ tahun-tahun sebelumnya.

Rektor UNSRI, Prof Dr H Zainal Ridho Djafar, dalam sambutannya ketika acara pembukaan mengharapkan agar pelaksanaan MTQ Mahasiswa ini bisa menjadi sarana untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah di antara semua insan kampus seluruh Indonesia, khususnya mahasiswa kontingen dari berbagai kampus yang saat itu hadir."Di sisi lain MTQ ini akan menjadi pencerahan hidup kita untuk menjadikan Al-Quran bukan hanya sebagai bacaan yang indah untuk dilantunkan tapi juga sebagai landasan hidup yang kokoh guna diterapkan dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," ujarnya.

Dalam upacara pembukaan tersebut Menteri Pendidikan Nasional yang dijadwalkan hadir tak bisa mengikuti acara pembukaan dan diwakili oleh salah seorang staff ahlinya. Selain itu hadir pula keluarga kesultanan Palembang, yaitu Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin didampingi permaisurinya.

ITS sendiri dalam MTQ Mahasiswa Nasional X ini hanya mengirimkan lima orang kontingennya dengan total cabang yang diikuti enam dari tujuh cabang yang ada. Yakni, Tilawatil Quran, Tartilul Quran, Fahmil Quran, Hifdzil Quran, Khattil Quran, dan Lomba Karya Tulis Islam Al-Quran. Satu cabang yang tak diikuti adalah Syarhil Quran.

Berdasar agenda yang ada, selama enam hari, di UNSRI secara maraton akan dilangsungkan pelombaan cabang-cabang tersebut. Jadi tak aneh jika selama sepekan itu Palembang akan penuh dengan dengung lantunan ayat Al-Quran. Allahumma zayyinna bilquran, wa albisna bilquran, wa adkhilnal jannata ma'al quran. Amiiin.
Oleh : Labib Fayumi
FTif-ITS

1 comment:

bagustris said...

sayang ya bib, ITS ga ada yg menang ??
kapan ITS berjaya di MTQ ???