16.4.07

Oh Ujian .... Selamat Datang, Selamat Belajar

Akhirnya kita kembali bertemu lagi dengan si dia. Memang telah menjadi kebiasaannya apabila tiap tengah semester atau akhir semester dia selalu bersilaturrahim dengan kita entah barang satu minggu atau bahkan dua minggu. Ya, dialah yang kehadirannya kadang menimbulkan banyak dilema si Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Bagi insan akademis tentu kedua nama saudara kembar ini tentu sudah tak asing lagi. Dan saat ini pun di institut kita yang tercinta, ITS, mahasiswa tengah sibuk menyambutn kedatangannya, 16 April kedatangannya yang pertama untuk semester genap tahun ajaran 2007.

But, berbicara tentang UTS kali ini, isu yang penulis dengar ujian kita kali ini bersamaan dengan UAN. Jadi, sekalian saja di sini penulis turut mengucapkan Selamat Menempuh Ujian semoga sukses selalu menyertai kita. Bagi yang di universitas jangan kalah dengan "ade'-ade'" SMA yang berjuang mati-matian memperjuangkan nasibnya. Dan buat "ade'-ade'" yang sedang mengikuti UAN, jangan pesimis untuk tidak menang dari pertarungan. Jangan jadikan universitas tujuan kalian hanya sekedar menjadi impian yang terlewatkan.

Back to kita-kita yang "lagi" UTS, telah saya katakan sebelumnya bahwa adakalanya tamu yang tak diundang ini menjadi dilema. Ya, tengok saja sekitar kita, kampus kita, dan daerah tetangganya. Manakala UTS menjelang, suasana pun berubah menjadi agak sepi. Dapat dipastikan, banyak yang sibuk belajar. Nah dari sini, penulis dapat "wangsit", andaikan semangat belajar kita tiap hari seperti ketika hendak UTS, wah ITS pasti bakalan melesat bidang akademisnya. Lihatlah berapa lima puluh persen ke atas yang menerapkan SKS (Sistem Kebut Semalam), asyik mendalang suntuk bersama lembaran kertas yang biasanya teronggok di pojok meja?Andaikan SKS tersebut menjadi budaya harian, andaikan kampus kita selalu sepi karena mahasiswanya sibuk belajar ...Watch (pengecualian buat yang ini). Andaikan semangat belajar tersebut menjelma menjadi kekuatan di hari-hari kita, pionir terdepan teknologi nampaknya bukan lagi sekedar mimpi tapi suatu kepastian.

Tapi, memang bukan mahasiswa namanya jika tak ada seninya (kata siapa?). Mulai dari pergerakan, organisasi, turun ke jalan, praktikum dengan waktu yang menggebu, tekanan lulus tepat waktu, nilai ujian yang "jeblok", hingga karya-karya mutakhir bagi bangsa, semuanya mahsiswa yang menghiasi. Maklumlah kiranya apabila UTS kali ini pun menjadi momen beristirahat, kembali ke asal haqiqi semula sebagai mahasiswa untuk belajar, demi menjamu sang ujian yang telah datang. Ya ini memang kewajaran.


Ujian, apa pun embel-embelnya Tengah Semester, Akhir, Akhir Nasional atau lainnya memang patut dimuliakan mengingat kedatangannya hanya beberapa bulan sekali. So, jangan sampai "dapet" ejekannya hanya karena pelayanan kita yang kurang memuaskan. Pelayanan apa itu? Belajar Rajin, Menjawab Soal dengan Sungguhm "plus" alangkah baiknya jika tidak dihiasi dengan "Mbacem", "Nyontek", "Ngrepek" dan teman-temannya. Selamat Ujian dan Selamat Belajar. Semangaaaaaaaaaaaaaat ......!

Labib Fayumi
TIf-ITS

No comments: